Sisi Lain Ketika Usia 40 Tahun


Life begins at forthy ( 40th ). Rasanya wajar saja jika ada yang mengatakan kehidupan dimulai ketika umur 40th, dimana kemapanan ekonomi, sosial,intelektual seseorang mulai telihat. Mapan dalam karir, penghasilan mulai meningkat, kehidupan rumah tangga mulai stabil, dan pola pikir seseorang lebih tertuju pada ketenangan dan kenyamanan dalam berkeluarga dan beribadah.

Banyak mitos yang mengatakan bahwa baik perempuan dan laki-laki akan mengalami puber kedua di usia 40th, dimana gairah sexual mengalami naik turun dan malah seperti menjadi muda kembali. Akibat mitos ini pula, sesama pasangan mulai menyimpan rasa kekhawatiran yang berdampak pada kejiwaan seseorang untuk mencurigai pasanganya. Meskipun tidak seorangpun yang mampu mengetahui pasti kapan puberitas itu terjadi, akan tetapi fakta mengatakan bahwa seseorang yang sudah memasuki usia 40th, mulai mengalami kekurangan sempurnanya panca indera

Wanita dan pria pada tahap usia ini, tentu saja kulit mulai mengalami kerutan, bertambah suburannya uban menutupi kepala, dan sejumlah kemunduran lainya yang berkaitan dengan kondisi tubuh dan mental orang tersebut. Bagi sebagian wanita, kekhawatiran yang dialami adalah terjadinya menopause, penghentian siklus menstruasi yang berdampak depresi berlebihan karena ketakutan tidak bisa memuaskan gairah sexual pasanganya lagi, akan tetapi tidak sedikit wanita menjadi lebih baik dan percaya diri karena mereka telah semakin dewasa.

Perlunya kita menyikapi dengan bijak ketika usia mulai memasuki usia 40. Ingatlah selalu lika-liku perjalanan hidup yang dilalui dengan pasangan, yang bermula dari nol diawal pernikahan hingga mencapai kematang ekonomi, yang tidak sedikit jumlah penderitaan ditemui dalam perjuangan. Puberitas kedua, ketiga,keempat atau apapun namanya, semuanya kembali pada niat dan iman seseorang. Sekalipun kesempatan untuk menuruti nafsu puberitas ada, akan tetapi jika tidak disertai dengan niat, tentu usia  40th akan dilalui dengan aman dan nyaman dalam berumah tangga. 

Usia bukan patokan seseorang untuk melakukan perselingkuhan dan kejahatan, umur dinilai tidak dari sekedar bilangannya, melainkan dari aktifitas yang dilakukan dalam mengisi waktu hidup. Jadikanlah usia sebagai neraca timbangan terhadap masa waktu perjalanan sebelumnya supaya umur menjadi lebih berkah. Dan bila mengharapkan keberkahan umur, hendaklah setiap beraktifitas mengharapkan ridho Allah, memelihara hubungan silaturahiim, dan berahlak baik.

Doa Saat Umur 40th:


رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ
"Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri." (QS. Al-Ahqaf: 15)


Post a Comment