Bulan Depan Yamaha Luncurkan Tiga Moge nya


Pada ajang HaiDay Celebrating Eco Youth 2013 beberapa waktu lalu PT Yamaha Indonesia Manufacturing (YIMM) memamerkan dua motor CBU, yaitu Yamaha YZR-R1 dan Skutik Yamaha T-Max.

Kedua motor CBU untuk pasar eropa ini menjadi teaser sebelum Yamaha mengaspalkan empat mogenya di Tanah Air. Keempat moge itu adalah Yamaha YZF-R1, Yamaha YZF-R6, Yamaha V-Max dan Yamaha T-Max. Diberitakan, rencananya Yamaha akan meluncurkan tiga mogenya lebih dulu pada akhir November 2013 yaitu Yamaha YZF-R1, Yamaha V-Max dan Yamaha T-Max sedangkan untuk Yamaha YZF-R6 akan diluncurkan pada tahun 2014 mendatang.


Sebagai informasi, Yamaha YZF-R1 dipersenjatai mesin 4 silinder DOHC 16 katup berkapasitas 998cc dengan bore x stroke 78 mm x 52.2 mm. Fuel injectionnya dilengkapi dengan YCC-T dan YCC-I. Mesin 1000cc nya diklaim mampu memuntahkan  tenaga 180 hp pada 10.500 rpm dan torsi 111 Nm pada 10.200 rpm.

Sedangkan untuk Yamaha V-Max 2014 dibekali mesin V4 1679cc, DOHC dengan transmisi 5 speed. Dari mesin ini V-Max mampu memuntahkan tenaga sampai 200 hp pada 9.000 rpm dan torsi 167 Nm pada 6.500 rpm.

Selain itu Yamaha V-Max 2014 juga telah dibekali teknologi Yamaha Chip Controlled Ignation (YCC-I) yang berfungsi untuk mengontrol asupan bahan bakar sesuai putaran mesin. Fitur teknologi ini akan bekerja pada putaran mesin di atas 9000 rpm.

Teknologi lainnya adalah Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T). Dengan teknologi YCC-T, sistem throttle Yamaha V-Max diatur secara elektronik supaya peningkatan kecepatan bisa dirasa halus tanpa hentakan karena asupan bahan bakar dan udara yang berlebih ketika throttle di buka secara tiba-tiba. YCC-T mengatur bukaan katup throttle melalui servomotor pada interval 1/100 detik. YCC-T juga memastikan mesin akan menghasilkan torsi yang optimal dan waktu pengapian yang dipetakan secara terpisah untuk masing-masing silinder. Jadi proses pembakaran di tiap silinder lebih efisien.

Sementara untuk Yamaha T-Max menggendong mesin 530 cc, 4 stroke, liquid-cooled, DOHC, 4-valve, twin inline, FI Ignition TCI dengan transmisi fully automatic CVT. Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 15 liter

Post a Comment