Persis di Titik Ini Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Berkumandang Tahukah Kamu

Tugu Petir, Tanda Posisi Berdirinya Soekarno dan Hatta Mengumandangkan Proklamasi - 17 Agustus 1945 adalah hari kemerdekaan Indonesia tercinta yang di ploklamirkan oleh Bapak Soekarno dan Bapak Mohammad Hatta. Rasanya mustahil jika rakyat Indonesia tidak mengetahui foto Soekarno-Hatta membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan. Tempat bersejarah itu kini menjadi Taman Proklamator. Namun tidak demikian dengan dimana posisi persisnya Soekarno dan Moh Hatta berdiri saat itu. Banyak diantara kita yang tidak mengetahuinya.

Jika kamu pernah berkunjung ke Taman Proklamator, tampak disisi kanan, berdiri tegak sebuah tiang dengan bendera merah putih dan lambang petir di atasnya. Tiang bendera itu bernama Tugu Petir.

Tugu ini dibuat tahun 1961, berbentuk tiang bulatan tinggi berkepala lambang petir bercat putih. Tak banyak yang mengetahui makna dari tugu itu. Bahkan, banyak yang menganggap tugu ini angin lalu belaka atau hanya sekedar tugu biasa saja yang berdiri tegak di tengah Taman Proklamator itu.

Padahal, makna keberadaan Tugu Petir ini adalah untuk menandai posisi berdirinya Soekarno dan Hatta saat membacakan naskah Proklamasi. Merdeka! Di sinilah Bung Karno beserta Bung Hatta mengumandangkan Teks Proklamasi.
Pada tugu itu terdapat tulisan yang berbunyi Di sinilah Dibatjakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Tanggal 17 Agustus 1945 Djam 10.00 Pagi Oleh Bung Karno dan Bung Hatta.

Nah, buat kamu yang mau napak tilas kemerdekaan di Taman Proklamator, jangan sampai melewatkan Tugu Petir ya. Kobaran semangat jiwa kemerdekaan begitu membara ketika berada di sini. Betapa penting dan resapilah semangat Kemerdekaan Indonesia benar-benar di titik awal dimana negeri ini dilahirkan. Merdeka!

Post a Comment